Cara Share Status WhatsApp ke Facebook dan Aplikasi Lainnya

Share Status WA ke Sosmed
WhatsApp telah merilis fitur untuk menautkan WhatsApp Status ke Facebook Story. Fitur tersebut kini sudah bisa dijajal beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia.

Apabila belum kebagian, kemungkinan pesebarannya belum merata atau versi WhatsApp di perangkat Android dan iOS yang dimiliki belum diperbarui. KompasTekno pun sudah mencoba fitur ini.

Opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story hadir secara khusus (dedicated). Namun, sejatinya status tersebut bisa dibagikan ke aplikasi lain, termasuk aplikasi yang tidak berada di bawah naungan Facebook, seperti Twitter atau Telegram. Lantas Bagaimana caranya?

Membagikan WhatsApp Status ke Facebook
Tampilan opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story versi Android dan iOS. Opsi ini tersedia secara khusus (dedicated).

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, opsi membagikan ke Facebook Story tersedia secara dedicated, terutama untuk WhatsApp Status baru. Opsi itu muncul tepat di bawah WhatsApp Status setelah berhasil diunggah.

Untuk membagikannya ke Facebook Story, cukup klik pilihan tersebut dan secara otomatis akan tersambung ke aplikasi Facebook. Agak berbeda dengan WhatsApp Status lama yang sudah tertimpa status baru atau telah diunggah beberapa jam lalu.

Untuk WhatsApp Status versi lama, opsi membagikan ke Facebook Story bisa ditemukan dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kanan status untuk varsi Android, dan opsi "My Status" di iOS.

Kemudian, pilih opsi "bagikan ke Facebook Story". Jangan lupa untuk log in terlebih dahulu ke akun Facebook, jika baru pertama kali mengaksesnya via mobile.

Setelah terhubung ke Facebook akan muncul foto profil lengkap dengan pengaturan privasi konten. Privasi itu bisa digunakan untuk menyaring, apakah Facebook Story bisa dilihat secara publik atau hanya akun yang berteman saja.

Setelah diatur, kemudian pilih "bagikan sekarang". Otomatis, WhatsApp Status tadi akan muncul sebagai Facebook Story, lengkap dengan gambar dan keterangannya (caption).

Hanya saja, akan ada beberapa pembatasan saat WhatsApp Status diagikan ke Facebook Story. Khususnya untuk WhatsApp Status yang berisi link atau tautan.

Apabila dibagikan ke Facebook Stroy, tautan tersebut hanya akan muncul sebagai teks, lebih mirip dengan bidikan layar (screen shot). Artinya, tautan tersebut tidak bisa diakses secara langsung.

Seperti WhatsApp Status, Facebook Story juga akan bertahan selama 24 jam. Meski terkoneksi, kedua platform ini tidak saling berhubungan secara simultan.

Artinya, apabila WhatsApp Status orisinil dihapus, konten yang sama tetap akan muncul di Facebook Story setelah dibagikan.

Jadi, pengguna harus menghapus satu per satu konten di WhatsApp Status dan Facebook Story, apabila ingin membatalkan unggahan.

Membagikan Story WhatsApp ke Instagram dan Aplikasi Lain
Membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story dan Instagram

Selain dibagikan ke Facebook Story, WhatsApp Status juga bisa dibagikan ke Instagram dan aplikasi lain.

Caranya sama dengan membagikan WhatsApp Status lama ke Facebook Story, yakni dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kanan status untuk varsi Android dan opsi "My Status" di iOS.

Setelahnya, pilih opsi "bagikan" lalu pilih aplikasi yang dikehendaki. Misalnya ingin membagikannya ke Instagram Stories, Instagram Feed, Twitter, Telegram dan sebagainya.

Pilih opsi share atau bagikan untuk membagikan WhatsApp Status ke aplikasi lain seperti Instagram, Twitter, dll.
Perlu diingat, WhatsApp Status yang dibagikan ke aplikasi lain tidak akan sama dengan membagikannya ke Facebook Story. Misalnya saja saat mebagikan WhatsApp Status berupa gambar atau video ke Instagram Stories, caption tidak akan ikut muncul.

Begitu pula saat membagikan tautan, di Instagram Stories atau aplikasi lain, tautan tersebut hanya akan muncul berupa teks seperti tangkapan layar biasa. Bagaimana, tertarik mencoba?

Read More

Related Posts

close
 Lihat disini