Google Camera for Asus Zenfone 7 and 7 Pro

Gcam untuk Asus Zenfone 7 Pro

Sesuai jadwal, Asus meresmikan lini ponsel terbarunya, Zenfone 7, lewat acara yang di Taiwan yang disiarkan lewat live streaming di YouTube. Seri ponsel ini terdiri dari dua model, yakni Zenfone 7 dan Zenfone 7 Pro.

Keduanya masih dibekali dengan modul kamera belakang yang bisa berputar ke arah depan sehingga sekaligus berfungsi untuk selfie. Bedanya, jumlah kamera di lini Zenfone 7 lebih banyak, yakni 3 buah.

Konfigurasi tiga kamera di Zenfone 7 dan Zenfone 7 Pro sama-sama mencakup kamera utama (wide) 64 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (113 derajat, f/2.2), dan kamera telephoto 8 MP (3x optical zoom).

Perbedaan kecil ada di fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang dibenamkan di kamera utama dan kamera telephoto Zenfone 7 Pro. Fitur OIS absen di kamera Zenfone 7.

Modul kamera seri Zenfone 7 kini lebih kuat dan diklaim bisa tahan diputar hingga 200.000 kali, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan modul putar di smartphone Zenfone 6 sebelumnya.

Asus turut membekali kamera ponsel seri Zenfone 7 dengan fitur-fitur tambahan seperti perekaman video 8K 30 fps, video 120 fps, dan dual LED flash.

Kedua ponsel memiliki layar yang sama, dengan panel AMOLED berdiagonal 6,67 inci (2.400 x 1.080 piksel, aspect ratio 20:9), refresh rate 90 Hz, rasio layar terhadap bodi mencapai 92 persen, dan lapisan kaca anti-gores Corning Gorilla Glass 6.

Perbedaan yang paling kentara ada di konfigurasi hardware. Zenfone 7 ditenagai chip Snapdragon 865 dengan RAM 6/8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Sementara, Zenfone 7 Pro mengandalkan Snapdragon 865 Plus dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB.

Baik Zenfone 7 maupun 7 Pro sama-sama memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian bateria cepat Asus HyperCharge 30 watt, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (26/8/2020).

Penjualan kedua ponsel dimulai pada hari ini di Taiwan. Zenfone 7 versi 6GB /128 GB dihargai 21.990 dollar Taiwan (sekitar Rp 11 juta) , versi 8 GB/ 128 GB dijual 23.990 dollar Taiwan (sekitar Rp 12 juta). Zenfone 7 Pro dipatok seharga 27.990 dollar Taiwan (sekitar Rp 14 juta).

Google Camera atau yang biasa dikenal Gcam saat ini sudah mencapai versi tinggi. Aplikasi kamera yang awalnya hanya ada di smartphone Google Pixel series mulai dari Pixel 1 hingga kini Pixel 4 berhasil dimodifikasi oleh para developer hingga bisa digunakan di banyak smartphone.

Ok untuk thread kali ini saya akan membagikan Gcam Mod atau Google Camera mod ini untuk Asus Zenfone 7 Pro, langsung saja tanpa basa basi berikut cara install Gcam atau Google Kamera untuk Asus Zenfone 7 Pro.

Memilih Aplikasi Google Kamera Asus Zenfone 7 Pro

Pertama masuk ke halaman https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/ dan pilih aplikasi Gcam yang ingin diinstall. Jika bingung memilih aplikasinya, bisa gunakan aplikasi rekomendasi dari developer berikut ini:

Cara Install Google Kamera di Asus Zenfone 7 Pro

Jika sudah menentukan aplikasi Gcam-nya, selanjutnya install aplikasi seperti biasa di smartphone. Untuk mengaktifkan fitur Astrophotography Mode di Gcam Mod untuk Asus Zenfone 7 Pro, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Masuk ke menu Setting Gcam lalu scroll ke bawah ke pilih About modification dan selanjutnya klik menu Developer Settings. Pada menu developer, aktifkan opsi berikut:

  • camera.cuttle.darken
  • camera.cuttle.extended
  • camera.cuttle.extended_iterable_burst

Setelahnya Gcam akan restart dan untuk mencoba menggunakan mode Astrophotography cukup masuk ke menu Night Sight Mode lalu ubah timer menjadi 3 detik dan fokus infinity.

Perlu diingat, saat mode Astrophotography aktif, Gcam akan mengambil gambar dengan durasi yang lebih lama dibanding night sight biasa. Jadi disarankan untuk menggunakan tripod agar hasil foto Astonomi dengan Gcam untuk Asus Zenfone 7 Pro jadi lebih maksimal.

  • Add Your Comment