How to Root and Install TWRP Asus ZenFone 7 Pro (Work 100%)

Proses root digunakan untuk pengguna ponsel yang ingin memiliki lebih banyak akses ke smartphone mereka. Dan tentu saja untuk melakukan root ada beberapa cara terpisah untuk melakukannya, apakah itu dengan PC atau tanpa PC. Dalam artikel ini saya telah memberikan tutorial dan download root untuk Asus Zenfone 7 Pro di bawah ini.

Sebelum itu mari kita Bahas Spesifikasi Ponsel Ini:
Perubahan utama dari Zenfone 7 dan 7 Pro dibanding Zenfone 6 adalah jumlah kamera belakangnya, yang kini menjadi tiga. Selain kamera utama dan kamera ultra wide, kini Asus membenamkan kamera dengan lensa setara 80mm atau 3x zoom dibanding kamera utama.

Mekanisme kamera putarnya juga diperkuat, menggunakan motor lebih kecil namun punya torsi lebih besar. Engsel antara bodi ponsel dengan modul kameranya diperkuat, dan diklaim bisa beroperasi selama 5 tahun dengan 100 putaran setiap harinya. Engselnya ini pun diklaim bisa menahan beban seberat 35 kg,

Perbedaan utama antara Zenfone 7 dan 7 Pro adalah keberadaan optical image stabilization (OIS) yang ada di kamera utama dan zoom, sementara tak ada satupun kamera Zenfone 7 yang mempunyai OIS.
asus zenfone 7 pro root and install twrp


Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX686 64 megapixel, yang bisa merekam video 8K 30fps, dan bisa merekam video 4K 120fps slow motion. Ada juga mode HDR video dan algoritma baru untuk night mode.

Sementara untuk kamera ultra wide, sensor yang dipakai adalah Sony IMX363, yang juga bisa merekam video 4K lengkap dengan mode HyperSteady Video. Kamera ini merangkap sebagai kamera makro, dengan titik autofokus terdekatnya adalah 4cm.

Tak ada kamera depan di Zenfone 7 dan 7 Pro, karena ketiga kamera belakang ini merangkap sebagai kamera depan, yang akan berputar ke depan saat akan digunakan.

Layarnya pun punya pembaruan yang signifikan. Pilihan panelnya adalah AMOLED buatan Samsung dengan ukuran 6,67 inch 1080p+ yang dilapisi oleh Gorilla Glass 6. Tingkat kecerahannya mencapai 1000 nits, cakupan 110% DCI-P3 dan kalibrasi layar yang diklaim akurat.

Layarnya ini punya refresh rate 90Hz dan 200Hz touch sampling. Dipasangkan dengan Snapdragon 865+ (Zenfone 7 Pro) membuat ponsel ini sebagai ponsel yang layak dipakai untuk bermain game.

RAM LPDDR5-nya berkapasitas 8GB untuk varian Pro dan 6GB untuk non Pro. Chip storagenya adalah UFS 3.1, 128 GB untuk Zenfone 7 dan 256GB untuk varian Pro, punya tiga slot, 2 untuk SIM dan 1 untuk microSD.

Baterainya 5000 mAh dan bisa diisi ulang dengan charger 30W, yang dalam 30 menit bisa mengisi sampai 60% dari kosong. Sebagai perbandingan, Zenfone 6 hanya punya charger 18W, membutuhkan 57 menit untuk mengisi sampai 60%.

Cara Memasang TWRP di Asus Zenfone 7 Pro

Sebelum kami memulai  proses root ini, sobat harus memastikan Asus Zenfone 7 Pro sobat sudah terbuka. Jika Asus Zenfone 7 Pro sobat belum dibuka, sobat dapat mengunjungi di sini untuk membuka kunci bootloader Asus Zenfone 7 Pro.

TWRP sendiri adalah custom recovery untuk tidak hanya memberikan akses rooting Android sobat, tetapi juga tempat untuk mem-flash ROM atau mod lain untuk ponsel sobat. Sekarang, jika sobat sudah yakin membuka bootloader Asus Zenfone 7 Pro sobat, lalu download file yang diperlukan di bawah ini.

  • Download TWRP untuk Asus Zenfone 7 Pro.  Link akan tersedia setelah TWRP berhasil dirilis.
  • Magisk
  • Noverity.zip
Sekarang ikuti langkah ini untuk mulai melanjutkan:

LANGKAH 1. Ekstrak file TWRP yang telah sobat download kemudian instal Minimal Fastboot ADB. Sekarang copy file twrp-AsusZenfone7Pro.img ke C:\ Program Files (x86)\ Minimal ADB dan Fastboot.

Setelah itu, copy file Noverity.zip dan SuperSU atau Magisk ke sdcard atau USB OTG sobat (Note: jangan copy file ini ke penyimpanan internal sobat, sobat memerlukan eksternal sdcard atau USB  OTG).

LANGKAH 2. Tahan tombol Shift dan klik kanan pada area kosong di folder, kemudian pilih “Open command window here” atau “Open PowerShell window here”.

LANGKAH 3. Jendela CMD atau PowerShell akan terbuka, setelah itu hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB. Coba gunakan kabel USB asli dari ponsel.

LANGKAH 4. Setelah Asus Zenfone 7 Pro terdeteksi oleh PC, waktunya untuk memasuki mode fastboot dengan cara mengetik perintah berikut ini di CMD atau PowerShell: adb reboot botloader

LANGKAH 5. Setelah memasuki mode fastboot, ketik perintah berikut untuk menginstal TWRP Recovery Asus Zenfone 7 Pro. fastboot flash recovery twrp-AsusZenfone7Pro.img

LANGKAH 6. Setelah itu, reboot ponsel dengan mengetikkan perintah. fastboot boot recovery twrp-AsusZenfone7Pro.img

Selamat, sekarang ponsel sobat telah menginstal TWRP dengan benar dan benar, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses root seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara Root Asus Zenfone 7 Pro

LANGKAH 1. Saat pertama kali masuk ke TWRP, anda mungkin akan diharuskan memasukkan password, jika sebelumnya tidak pernah memberi password pada ponsel, maka cukup tekan Cancel saja.

LANGKAH 2. Pada halaman awal TWRP, pilih tombol “Keep Read Only”.

LANGKAH 3. Saat ini anda seharusnya sudah ada di menu awal TWRP, selanjutnya kita akan format storage Asus Zenfone 7 Pro anda.
Proses Root Asus Zenfone 7 Pro

  • Pilih menu Wipe kemudian pilih Format Data.
  • Ketik yes untuk memulai proses format storage anda, hal ini bertujuan untuk mencegah RMM Lock pada Asus Zenfone 7 Pro.

LANGKAH 4. Setelah selesai, reboot ponsel kembali ke TWRP dengan cara pilih menu Reboot kemudian pilih Recovery.

LANGKAH 5. Koneksikan ponsel Asus Zenfone 7 Pro anda ke dalam PC, lalu pada menu TWRP pilih Mount > Enable MTP. Ponsel anda seharusnya sudah terdeteksi oleh PC.

LANGKAH 6. Copy file Noverity dan Magisk ke dalam ponsel, jika sudah selesai anda dapat melepas kabel USB yang menghubungkan ponsel ke PC.

LANGKAH 7. Kembali ke menu TWRP, pilih Install kemudian pilih file Noverity dan pilih Swipe to confirm Flash Asus Zenfone 7 Pro, lakukan hal yang sama pada file RMM Bypass dan Magisk. Pastikan bahwa file RMM Bypass diflash paling akhir.
Asus Zenfone 7 Pro

Jika semuanya sudah selesai, pilih Reboot pada menu TWRP kemudian pilih System. Proses reboot ini biasanya agak lama dari biasanya, jadi cukup agak bersabar.

Read More

Related Posts

close
 Lihat disini