Cara Atasi Limit Google Drive Di Android dan Browser PC

google drive

droid-roms – Cara Atasi Limit Google Drive Di Android dan Browser PC yang cukup sering digunakan dalam proses perpindahan data.

Sebuah file yang sering dikunjungi dan didownload oleh banyak orang tentu akan mendapat pembatasan dari pihak Google, sehingga file yang bersangkutan nanti tidak bisa diunduh.

Semua akan kembali normal setelah waktu 24 jam. Untuk kamu agar tetap bisa mengunduh file tersebut, silakan ikuti Cara Atasi Limit Google Drive Di Android dan Browser PC berikut:

Cara Atasi Limit Google Drive

Apabila file sering dikunjungi dan diunduh banyak orang, maka akses pada file tersebut akan dibatasi dan membuatnya tidak lagi bisa diunduh selama 24 jam. Agar masalah limit ini bisa diatasi, maka ikuti beberapa petunjuk berikut ini:

1. Membuka Halaman Preview File

Cara pertama yang bisa di lakukan adalah dengan mengunjungi halaman preview dari file yang akan diunduh.

Masalah limit ini terjadi jika halaman yang diakses yaitu halaman download. Agar lebih jelas, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Silakan buka browser kamu di PC, seperti Google Chrome atau Mozilla.
  2. Pastikan kamu sudah terhubung dengan akun Google kamu sebelum mulai mengunduh berkas yang bersangkutan. Kamu juga bisa melakukannya nanti ketika memang diminta.
  3. Setelah terhubung ke akun Google, silakan akses Google Drive dan temukan file yang ingin di unduh. Kamu juga bisa mengakses halaman utama Google Drive melalui link berikut: http://drive.google.com
  4. Silakan cari file apa yang ingin diunduh. Setelah itu, klik kanan di file tersebut dan pilih opsi Get shareable link. Nantinya link tersebut akan tersimpan di clipboard dan bisa di paste kapan saja.
  5. Jika sudah, buka New Tab pada browser dan paste link tadi di kolom URL, kemudian klik Enter.
  6. Secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman preview dari berkas yang di pilih tadi. Jika file yang kamu pilih adalah file dari sebuah situs, biasanya mereka akan membagikan link menuju ke berkas tersebut.
  7. Hal yang perlu diperhatikan yaitu apabila sebuah situs mengirim kamu ke halaman download berkas tersebut mungkin tidak bisa diakses. Maka dari itu, kamu harus mengubahnya menjadi halaman preview.
  8. Silakan perhatikan di kolom URL. Jika kamu melihat tulisan “uc”, maka harus menggantinya menjadi open.
  9. Setelah itu, hapus tulisan “&export=download”, kemudian klik Enter.
  10. Selanjutnya kamu akan berhasil mengakses file yang bersangkutan di halaman preview.

Baca juga: cara-melihat-backup-whatsapp-di-google-drive

2. Membuat Pintasan ke Drive

Sekilas halaman download dan halaman preview di Google Drive memang terlihat sama. Jika kamu berada di halaman preview, ciri paling khas yaitu adanya simbol Drive yang diikuti tanda (+) di bawahnya. Simbol ini biasa dikenal dengan istilah Add to My Drive.

Hanya saja istilah ini kini diganti dengan sebutan shortcut atau pintasan. Hal ini karena pihak Google ingin membuat file yang sama tidak perlu ditambahkan lagi di dalam storage yang sama juga, dan akan terkesan terduplikasi sehingga shortcut menjadi fitur yang dipilih.

Dari sini nantinya bisa mengakses file yang diinginkan dan tidak perlu takut akan adanya limit yang diberlakukan oleh pihak Google. Kamu tinggal klik saja simbol tersebut secara otomatis akan membuka folder baru yang selanjutnya siap untuk di unduh.

3. Melakukan Duplikasi File

Setelah berkas berhasil disimpan di My Drive, lalu kamu bisa melakukan duplikasi pada berkas tersebut. Hal itu karena file tersebut hanyalah shortcut. Agar file tersebut bisa di unduh, kamu harus melakukan duplikasi terhadap file yang bersangkutan.

Sebelum melakukannya, sebaiknya kamu memastikan bahwa storage di Google Drive masih cukup untuk melakukan duplikasi tersebut. Kamu bisa membersihkan file yang tidak digunakan atau membersihkan folder Trash. Jika sudah, silakan klik kanan di file tersebut lalu pilih Make a copy.

Baca juga: tampilan-hewan-3d

Tips Download File di Google Drive

Agar pengalaman mengunduh file di Google Drive bisa lebih optimal, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Mengubah Nama File – Jika kamu ingin membagi file menjadi beberapa bagian (ex: File.part1 dan File.part2), sebaiknya kamu menghapus kata “Copy of” agar winrar bisa membaca dan mengekstraknya tanpa terjadi kegagalan setelah file part1 berhasil didownload.
  • Membuat Akun Google Baru – Cara ini sangat bermanfaat ketika kamu mengunduh banyak file. Hal ini perlu dilakukan mengingat kapasitas penyimpanan Drive hanya dibatasi sampai 15 GB saja.
  • Download Memakai IDM – Selain cepat, IDM juga memiliki fitur resumeapabila proses unduhan berhenti tiba-tiba. Dimana, kamu bisa memberikan perintah untuk mematikan PC jika proses download sudah selesai.

Demikian pembahasan Cara Atasi Limit Google Drive Di Android dan Browser PC, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *