Cara Cek VGA Laptop Untuk Tahu Kemampuan Perangkat

vga

droid-romsCara Cek VGA Laptop Untuk Tahu Kemampuan Perangkat yang kamu miliki apakah masih terbilang sehat atau tidak.

VGA dikenal sebagai standar tampilan pada komputer analog yang juga sering disebut VGA card, video card, atau graphic card. Fungsinya yaitu sebagai pengubah sinyal digital yang ada di komputer atau laptop untuk ditampilkan sebagai grafis di layar komputer.

Oleh karena itu, kemampuan VGA sangat diperlukan dan berpengaruh pada kinerja laptop seperti untuk gaming, editing video dan untuk melakukan rendering.

Untuk lebih jelasnya simak Cara Cek VGA Laptop Untuk Tahu Kemampuan Perangkat berikut.

Cara Cek VGA Laptop Untuk Tahu Kemampuan Perangkat

1. Cek VGA Menggunakan DXDIAG

Cara pertama merupakan cara yang paling sederhana yang bisa dilakukan untuk cek VGA pada laptop. Menggunakan fasilitas yang sudah ada di laptop yaitu dengan DXDIAG atau DirectX Diagnostic Tools. Caranya kamu mengakses menu run atau tekan tombol berlogo Windows + R di keyboard.

Setelah itu akan tampil kolom open dan ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) lalu klik OK. Dan akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tools. Plih menu tab display dan lalu akan muncul secara lengkap spesifikasi dari VGA yang ada di laptop.

2. Cek VGA Di Kardus Laptop atau Pada Stiker yang Ada Pada Laptop

Melakukan cek VGA laptop juga dilakukan dengan melihat stiker yang tersemat di laptop. Khusus untuk laptop baru terdapat stiker yang menerangkan spesifikasi dari laptop tersebut termasuk VGAnya. Selain itu, bisa dilihat pada kardus saat pembelian laptop baru.

Karena itu, disarankan untuk yang membeli laptop tetap menyimpan kardusnya atau tetap menjaga stiker yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengecekan spesifikasi VGA laptop dan hal lainnya.

Baca juga: sebab-dan-cara-atasi-laptop-restart-sendiri

3. Cek VGA Melalui Device Manajer

Cara selanjutnya menggunakan device manajer dengan klik kanan pada icon my computer di desktop. Jika tidak ada bisa dengan klik start lalu pada menu search dan klik kanan di menu my computer.

Pilih properties dan pilih device manajer untuk melihat display adapter. Dari sana akan muncul VGA di laptop. Cara ini hanya untuk windows 10 yang sudah terinstal driver VGA, tetapi jika belum bisa dilakukan install driver VGA.

4. Cek VGA Melalui PC-Wizard

PC-Wizard merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk mengecek VGA di laptop. Software ini mampu mendeteksi lebih dalam akan semua hardware yang terinstal di PC dan laptop.

Oleh karena itu, pengecekan ini juga bisa dilakukan untuk mendeteksi spesifikasi VGA. Tampilan dari hasil instalasi software lebih menarik dan lebih terperinci ke dalam beberapa tab menu.

5. Cek VGA dengan Software GPU-Z

Cara cek VGA laptop satu ini juga cukup mudah dengan menggunakan software GPU-Z. Software ini akan memberikan informasi secara lengkap mengenai spesifikasi laptop termasuk VGAnya. Caranya dengan mendownload software di internet dan diinstal di laptop.

Baca juga: cara-atasi-laptop-blank-hitam-tapi-hidup

Jalankan software dan secara otomatis akan menginformasikan secara detail mengenai spesifikasi laptop yang sudah terinstal dengan software tersebut.

6. Cek VGA dengan Software Speccy

Menggunakan software ini untuk melakukan cek VGA hampir sama dengan menggunakan GPU-Z. Caranya dengan mendownload Speccy dan diinstall di laptop yang akan dilakukan pengecekan VGA. Namun, bedanya ada pada tampilan dan fitur yang dimilikinya.

Demikian pembahasan Cara Cek VGA Laptop Untuk Tahu Kemampuan Perangkat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *