Cara Menambah VRAM AMD, Kebutuhan Gaming Dan Rendering

vram amd

droid-romsCara Menambah VRAM AMD, Kebutuhan Gaming Dan Rendering yang sering kamu gunakan dalam hal kegiatan dunia komputer.

Image data yang ditampilkan pada layar komputer akan tersimpan sementara dalam alat bernama VRAM. Cara kerjanya yaitu CPU akan memproses gambar utama dari program yang akan dijalankan lalu akan ditulis pada VRAM.

Namun jika komputer memiliki VRAM yang berkapasitas kecil maka akan menjadi lama, apalagi untuk pengguna Ryzen APU atau AMD APU dimana sudah dibekali dengan GPU diskrit yang ada didalamnya.

Untuk menghindari hal di atas terjadi, maka simak Cara Menambah VRAM AMD, Kebutuhan Gaming Dan Rendering berikut.

Cara Menambah VRAM AMD

Maka dari itu berikut ini akan membagikan cara menambah VRAM AMD yang bisa menjadi solusi buat kamu.

1. Menambah Kapasitas RAM

Kapasitas VRAM yang digunakan di computer secara otomatis bertambah jika RAM komputer bertambah. Misalnya RAM berukuran 2GB maka VRAM dalam komputer tersebut seberat 256 MB. Dan seterusnya Jadi jika Ram sebesar 8 GB maka VRAM akan memiliki kapasitas 1 GB.

Baca juga: penyebab-fps-drop-saat-main-game-di-pc-laptop

Untuk mengecek besarnya VRAM yang dimiliki komputer atau PC dapat dilihat di menu control panel. Dalam control panel ada banyak menu salah satunya yaitu personalization.

Masuk kedalam menu lalu pilih Display. Setelah itu klik Change Display Setting lalu advanced setting.

Setelah berhasil masuk maka akan terlihat ukuran dari VRAM VGA yang ada di Delicted Video memory. Jika memang dirasa kapasitas VRAM tidak cukup maka cobalah untuk menambah dengan menambahkan RAM.

2. Dengan AMD Graphic Overdrive

AMD memiliki keuntungan saat digunakan dalam hal grafis karena AMD mendukung penggunaannya dengan membuat software AMD Graphic Overdrive. Hal ini dapat memberi efek pada pemberian performa extra pada GPU Radeon gratis.

Penggunaannya juga sangat mudah , namun walau begitu perlu dilakukan dengan hati-hati. Caranya klik kanan di bagian desktop, setelah muncul menu pilih AMD Catalyst Control Center. Lalu klik menu performance. Di jendela AMD Catalys Control Center klik pilihan AMD OverDrive.

Klik accept sebagai persetujuan lalu klik configure graphic overdrive setelah menu overdrine muncul. Lalu centang di pilihan enable graphic overdrive.

Nantinya akan ada tiga pilihan dan pilih saja high performance memory clock setting untuk meningkatkan performa VRAM. Dan klik apply agar perubahan bisa berjalan.

Baca juga: cara-atasi-browser-terbuka-sendiri-di-laptop

3. Menggunakan Virtual Memory

Kapasitas RAM juga ikut bertambah dengan menambah VRAM dengan Menggunakan Virtual Memory. Cara kerja virtual memory yaitu dengan meminjam kapasitas dari hard disk yang ada pada komputer atau pc. Dan dengan mentransfer data yang ada di RAMke hard disk.

Langkah pertama untuk menambah VRAM AMD dengan metode ini yaitu buka menu start lalu klik kanan di my computer. Setelah pilihan dalam my computer sudah muncul maka pilih opsi properties. Setelah itu buka Advance System Setting lalu setting.

Di tab Advance akan keluar tampilan yang ada pilihan change, dan klik pilihan tersebut. Setelah itu pilih drive C untuk membuat virtual memory.

Menu costum size dipergunakan untuk mengatur ukuran virtual memory yang ingin digunakan. Untuk mengakhiri klik ok agar semua pengaturan yang sudah dibuat tersimpan dan restart computer atau pc.

Demikianlah pembahasan Cara Menambah VRAM AMD, Kebutuhan Gaming Dan Rendering, semoga menjadi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *