Cara Mengatasi Chat WhatsApp Yang Hilang, Mudah!

droid-romsCara Mengatasi Chat WhatsApp Yang Hilang, Mudah!, kamu bisa menjalankan langkah berikut untuk mengembalikan chat yang terhapus.

WhatsApp menjadi salah satu media sosial yang selalu digunakan oleh masyarakat. Banyak informasi yang dikirim olej melalui whatsapp. Namun, ada kala informasi dalam whatsapp bisa hilag dan terhapus.

Penyebabnya bisa terjadi karena kesalahan sendiri yang tidak sengaja atau kesalahan teknis ketika pemakaian aplikasi. Lantas, bagaimana cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus? Simak Cara Mengatasi Chat WhatsApp Yang Hilang, Mudah! di bawah ini.

1. Memanfaatkan Fitur Back Up

Langkah pertama adalah dengan memanfaatkan fitur back up dari aplikasi whatsapp. Fitur yang muncul ketika meng-klik menu pengaturan pada whatsapp.

Menu pengaturan bisa ditemukan saat meng-klik simbol tiga titik secara vertikal yang ada di pojok kanan. Lalu, menu pengaturan bisa ditemukan di urutan kelima atau paling bawah.

Untuk mengembalikan chat whatsapp yang hilang di menu pengaturan, pilih ‘chat’ atau klik urutan kedua dari atas. Lalu, akan muncul pilihan back up di antara dua pilihan yaitu wallpaper dan riwayat chat pada whatsapp.

Back up disimbolkan dengan simbol awan dan di dalamnya ada tanda panah ke atas.

Baca juga: cara-mengetahui-lokasi-pengguna-whatsapp-tanpa-diketahui

2. Memastikan Memori Yang Dimiliki

Saat meng-klik back up, maka akan diarahkan untuk memilih jalur penyimpanan chat whatsapp. Pastikan memori yang ada cukup untuk menampung semua informasi di chat.

Jika ada konten media seperti foto dan video, maka memori yang diperlukan akan lebih besar lagi. Memori yang disediakan yaitu melalui Google Drive.

Pastikan akun google drive yang dimiliki aktif dan bukan milik orang lain. Lalu, atur waktu untuk melakukan back up di memori di google drive.

Bisa di atur secara harian, mingguan, bulanan, atau sesuai dengan keinginan. Kamu melakukan back up secara manual dengan meng-klik ‘cadangkan’.

3. Cek Keterangan File

Chat whatsapp bisa tersimpan di memori kartu SD, dimana biasanya bisa terhapus secara tidak sengaja. Maka dari itu cek file di memori yang dimiliki dengan format msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt8. Sesuaikan untuk tahun, bulan, dan tanggal dengan kebutuhan informasi yang diinginkan untuk dikembalikan.

Jika handphone yang dimiliki tidak bisa mendeteksi format file seperti itu, maka ada aplikasi tambahan bisa di download dahulu. Nama file bisa diganti sesuai keinginan dalam memudahkan pencarian selanjutnya.

Baca juga: arti-emoticon-whatsapp-yang-perlu-kamu-tahu

4. Instal Ulang WhatsApp

Setelah melakukan langkah di atas, chat whatsapp bisa segera dikembalikan dengan cara lain yaitu instal ulang. Hapus aplikasi whatsapp dengan pengaturan aplikasi di handphone.

Lalu, download kembali whatsapp di aplikasi play store. Pastikan internet aktif dari langkah awal sampai ini karena ukuran filenya cukup besar.

Setelah proses download dan instal selesai, pastikan nomor yang dimiliki keadaan aktif. Ini untuk memudahkan registrasi nomor whatsapp kembali.

Jika nomer yang didaftarkan tidak sama dengan nomer whatsapp sebelumnya, maka chat whatsapp tidak bisa dikembalikan. Setelah memasuki tahap verifikasi, atur nama dan profil whatsapp seperti biasa.

5. Memanfaatkan Fitur Restore

Langkah terakhir yaitu dengan memanfaatkan fitur restore. Setelah mengatur nama dan profil whatsapp, layar whatsapp akan muncul tawaran untuk memulihkan chat whatsapp ini.

Pilih restore dan tunggu beberapa saat sampai proses download memori chat whatsapp selesai. Nantinya, pesan whatsapp yang terhapus akan muncul sendirinya.

Dalam melakukan fitur restore ini pastikan jaringan internet berjalan tanpa kendala. Fitur restore menampilkan semua informasi yang di back up sebelumnya.

Demikian ulasan Cara Mengatasi Chat WhatsApp Yang Hilang, Mudah!, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *