Langkah Terhubung Bios Di Laptop Semua Jenis Juga Merek

bios,

droid-roms – Langkah Terhubung Bios Di Laptop Semua Jenis Juga Merek yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

Saat laptop yang bermasalah dan membutuhkan install ulang, hal pertama yang harus diketahui caranya yaitu masuk ke BIOS. Dimana masing-masing laptop memiliki setting tersendiri. Untuk itu, pahami cara masuk BIOS laptop supaya proses install ulang berjalan dengan baik.

Kalau kamu menggunakan Windows 10 sebenarnya ada satu cara yang bisa dipakai ke banyak merek laptop. Namun, akan lebih baik kalau bisa memahami semuanya. Dalam ulasan berikut simak Langkah Terhubung Bios Di Laptop Semua Jenis Juga Merek.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

Lenovo menjadi salah satu jenis laptop yang digunakan karena memiliki ketahanan yang baik. Kalau kamu ingin membuka BIOS dari Lenovo dan melakukan install ulang atau memasang Windows yang lebih baru.

  1. Lakukan restart atau reboot di PC dengan menekan Start > Power > Restart.
  2. Saat laptop sedang proses booting ulang, tekan tombol tertentu yang sesuai dengan jenis laptop yang digunakan.
  3. Tekan tombol F1 untuk laptop IdeaPad, Fn dan F2 jika menggunakan laptop Lenovo G405 atau G series. Selanjutnya kalau menggunakan laptop Lenovo ThinkPad bisa menggunakan kombinasi Fn dan F1 serta logo ThinkPad saat laptop.
  4. Tekan tombol di atas saat laptop sedang proses booting, jangan sampai sudah muncul menu utama agar menu BIOS bisa muncul dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Jika sudah terlanjur masuk ke menu utama, lakukan restart ulang dan ulangi langkah di atas sampai benar.

Cara Masuk BIOS Laptop Asus

Laptop Asus lebih mudah diakses BIOS karena hampir semua series menggunakan cara yang sama. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati sempurna atau jika sedang menyala bisa tekan Restart. Cara melakukan booting ulang ini bisa dilakukan dengan menekan Start > Power > Restart.
  2. Saat proses booting sedang berjalan, jangan lupa untuk menekan tombol F2 dan Power.
  3. Secara otomatis BIOS akan muncul dan bisa digunakan sebagaimana baiknya.

Baca juga: 10-cara-terbaru-mempercepat-kinerja-windows-10-di-laptop

Cara Masuk BIOS Laptop Toshiba

Laptop Toshiba juga memiliki setting BIOS yang berbeda dengan laptop lain. Apa saja yang ditekan juga unik per seriesnya. Untuk bisa membuka BIOS dengan baik, lakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Bisa dimulai dari laptop yang sedang mati atau saat menyala tapi di-restart ulang. Anda bisa memilih sendiri mana yang lebih mudah. Untuk restart, lakukan di menu Power yang ada di Start Menu.
  2. Saat proses booting ulang sedang berjalan, jangan lupa untuk langsung menekan beberapa tombol seperti ESC dan F1 atau F2 dan Power. Coba salah satu dari kombinasi ini agar bisa membuka BIOS.
  3. Bios akan muncul dalam beberapa detik untuk segera digunakan. Kalau Anda ingin melanjutkan untuk melakukan booting, bisa tekan Exit.

Cara Masuk BIOS Laptop Acer

Laptop Acer juga memiliki cara sendiri untuk bisa diakses BIOS-nya. Lakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati terlebih dahulu supaya aman. Jika terpasang dilakukan saat menyala, lakukan restart terlebih dahulu dan segera menekan beberapa tombol.
  2. Berbeda dengan laptop lain yang menggunakan kombinasi tombol atau ditekan cukup lama, Acer harus ditekan beberapa kali untuk membuka BIOS. Tombol yang ditekan berkali-kali adalah F2.
  3. Tunggu beberapa saat sampai BIOS muncul dan bisa digunakan.

Cara Masuk BIOS Laptop Dell

Dell memiliki kombinasi tombol untuk membuka BIOS dengan baik. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Laptop wajib dalam kondisi mati untuk semua jenis merek Dell.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power diikuti dengan tombol F2 berkali-kali. Jika cara ini tidak berhasil, bisa tekan tombol F2 dahulu baru menekan tombol start.

Baca juga: 5-laptop-lenovo-yoga-terbaru-lengkap-dengan-spesifikasinya

Cara Masuk BIOS Laptop Semua Jenis Laptop

Jika beberapa cara mengakses BIOS banyak dilakukan saat laptop belum menyala dengan sempurna, di langkah ini laptop harus sudah menyala dengan sempurna. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

  1. Tekan tombol start atau Windows di keyboard. Selanjutnya, pilih Setting yang berlokasi di kanan bawah.
  2. Setelah keluar banyak menu, Anda bisa memilih Update & Security.
  3. Begitu masuk ke jendela baru, pilih Recovery di sidebar sebelah kiri.
  4. Laptop akan mulai melakukan restart dengan sendirinya. Kamu akan diminta memilih beberapa jenis menu seperti Continue, Use a Device, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Kamu harus memilih Troubleshoot.
  5. Di jendela Troubleshoot muncul lagi tiga menu yang terdiri dari Refresh Your PC, Reset Your PC, dan Advanced options. Pilih Advance options.
  6. Muncul lagi beberapa menu seperti System Restore sampai Startup Setting. Pilih UEFI Firmware Settings.
  7. Proses restart akan berjalan dan masuk ke BIOS.

Nah, itulah ulasan Langkah Terhubung Bios Di Laptop Semua Jenis Juga Merek, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *