Penyebab Dan Cara Atasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

droid-roms – Penyebab Dan Cara Atasi Panggilan WhatsApp Bermasalah yang bisa bikin kamu kesal dan marah.

Selain chatting, aplikasi WhatsApp ini bisa membantu penggunanya untuk saling terhubung lewat panggilan, baik panggilan suara dan juga video.

Namun, di beberapa kondisi aplikasi ini terkendala dengan seringnya ada panggilan bermasalah. Nah, buat kamu yang sering mengalaminya, maka berikut Penyebab Dan Cara Atasi Panggilan WhatsApp Bermasalah.

Penyebab Panggilan WhatsApp Bermasalah?

Panggilan bermasalah di WhatsApp sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk itu, sebelum kamu berusaha mengatasinya harus memastikan dulu penyebab panggilan bermasalah agar bisa melakukan penanganan yang tepat. Berikut penyebab panggilan WhatsApp bermasalah yaitu:

Tidak Ada Sinyal

Saat melakukan panggilan dengan menggunakan WhatsApp, sinyal menjadi faktor utama yang memengaruhi kestabilan. Jadi, saat kondisi sinyal buruk maka panggilan juga tidak stabil.

Baik kamu maupun pihak yang ditelpon, jika salah satunya tidak memiliki sinyal maka tidak bisa terhubung. Selain itu, kondisi sinyal buruk maka akan terjadi buffering (menyambungkan) di saat pembicaraan.

Diblokir

Saat kontak yang diblokir bukan hanya tidak bisa melakukan chatting, namun juga tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp. Saat kontak diblokir, maka status panggilan hanya akan memanggil dan tidak tersambung ke WhatsApp lawan. Bahkan, untuk notifikasi di WhatsApp lawan juga tidak akan muncul.

WhatsApp Mengalami Lag

Sama seperti di aplikasi lain, WhatsApp juga bisa mengalami lag (delay). Hal ini bisa membuat semua pesan masuk dalam beberapa jam kemudian.

Dimana, kendala delay ini ternyata berlaku pada panggilan whatsap sehingga sering kamu tidak terhubung ke pihak lawan. Dan, notifikasi panggilan tidak terjawab juga masuk beberapa menit kemudian.

Bagaimana Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah?

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah Melalui Pengaturan Ijin

  • Langkah pertama yaitu membuka menu Pengaturan (Setting) di Android.
  • Selanjutnya, pilih Manajemen Aplikasi, scroll sampai menemukan WhatsApp. Kemudian, pilih dan klik WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih Permissions (Kelola Pemberitahuan) dan aktifkan semua pemberitahuan di WhatsApp sesuai keinginan, mulai dari pemberitahuan pada layar kunci, bar atas layar, suara hingga pemberitahuan prioritas.

Baca juga: gb-whatsapp

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah Melalui Clear Cache dan Data

  • Pertama bukalah menu Pengaturan di Android.
  • Setelah itu, pilih dan klik Aplikasi.
  • Langkah selanjutnya yaitu pilih dan klik WhatsApp dan maka akan muncul semua informasi terkait aplikasi tersebut.
  • Kemudian klik Clear Data dan Clear Cache untuk menghapus semua data sampah dan data lain penyebab delay pada WhatsApp.

Hal yang perlu diingat saat melakukan cara ini yaitu lakukan backup data penting dahulu sepeti kontak, foto dan file di dalamnya karena setelah melakukan clear cache dan clear data semua data di dalamnya akan terhapus secara permanen.

Baca juga: cara-hentikan-cadangan-whatsapp-agar-kuota-internet-aman

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah Melalui Update atau Unistall

Di beberapa kasus, panggilan bermasalah bisa disebabkan oleh tidak updatenya WhatsApp di perangkat. Karena itu, seringnya pesan atau panggilan masuk terjadi delay.

Untuk mengatasi kondisi tersebut maka kamu bisa mengupdate ke versi terbaru dari WhatsApp. Selain itu, bisa juga menghapusnya dan kemudian menginstallnya kembali.

Bahkan, pengguna juga harus memperhatikan spesifikasi perangkat, bisa jadi panggilan menjadi bermasalah karena OS yang tidak support WhatsApp versi tersebut.

Demikian penjelasan mengenai Penyebab Dan Cara Atasi Panggilan WhatsApp Bermasalah, semoga menjadi manfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *