Sebab Dan Cara Atasi Laptop Restart Sendiri

laptop,

droid-roms – Sebab Dan Cara Atasi Laptop Restart Sendiri, hal ini akan mengganggu jika sering terjadi dan bisa menghambat kegiatan sehari – hari kamu.

Dalam mengatasi laptop yang restart sendiri, maka kamu perlu tahu apa penyebabnya. Karena ini berbeda penyebab tentu saja akan beda juga cara mengatasinya. Nah berikut ini beberapa case penyebab laptop restart sendiri dan juga solusinya.

Jadi jangan lupa tetap simak Sebab Dan Cara Atasi Laptop Restart Sendiri berikut.

Sebab Dan Cara Atasi Laptop Restart Sendiri

Laptop Over Heat

Masalah laptop yang sering restart sendiri bisa disebabkan karena laptop over heat. Biasanya hal ini terjadi jika ada kerusakan pada kipas pendingin laptop itu sendiri. Untuk tahu apakah Laptop Anda mengalami over head bisa dengan cara melihat temperature di menu Hardware Monitor di program BIOS.

Atau bisa menggunakan CPUID Hardware Monitor. Solusi untuk masalah ini dengan memperbaiki kipas pendingin atau mengganti baru. Selain itu, bersihkan bagian kipas pendingin dari debu yang suka menyumbat udara.

Baca juga: cara-atasi-browser-terbuka-sendiri-di-laptop

Serangan Virus

Laptop yang sering restart juga bisa disebabkan karena adanya serangan virus. Virus bisa menyebabkan kinerja memori menjadi lebih berat karena harus melakukan proses yang berulang. Akibatnya Laptop menjadi sering restart sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan software anti virus dan anti malware, dan usahakan untuk selalu melakukan update OS kamu. Sebaiknya gunakan yang premium jika Laptop digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membantu membersihkan perangkat.

Harddisk Bad Sector

Harddisk yang mengalami bad sector sering menjadi penyebab laptop sering restart. Masalah lainnya yang bisa terjadi akibat faktor ini yaitu laptop yang mengalami hang, tidak bisa booting dan muncul bluescreen.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini Anda perlu melakukan scandisk atau checkdisk. Tujuannya adalah untuk men-defrag harddisk secara berkala. Dan pastikan juga kamu selalu mematikan laptop dengan benar, yaitu dengan cara di shutdown.

Jadi jika HDD sudah rusak, di sarankan kamu menggantinya ke yang lebih bagus seperti SSD. Atau ingin yang yang lebih cepat performanya, bisa gunakan jenis SSD NVME.

Kondisi RAM yang Tidak Sehat

Jika kamu sudah yakin dan dipastikan bahwa semua komponen hardware dalam keadaan yang baik, maka bisa jadi RAM laptop kamu dalam kondisi yang tidak sehat. Karena RAM yang bermasalah juga menjadi salah satu penyebab laptop sering restart sendiri.

Kondisi RAM yang tidak sehat ditandai dengan laptop yang terlihat normal saat digunakan, namun sesekali mengalami restart sendiri. Jika memang ada masalah di RAM Laptop kamu, maka solusinya dengan mengganti RAM yang baru agar laptop kamu bisa berjalan normal kembali.

Baca juga: cara-atasi-laptop-blank-hitam-tapi-hidup

Repair/ Clean Install Windows

Cara ini juga bisa dilakukan jika kamu memang tidak tahu apa penyebab laptop yang terus menerus restart sendiri. Beberapa jenis Laptop yang menyediakan licence jika Windows akan dilakukan instal ulang, namun jika tidak ada, maka kamu bisa melakukan konfirmasi ke vendor laptop.

Cara ini sangat paten untuk mengembalikan peforma perangkat laptop kamu dengan melakukan recovery. Pastikan data-data sudah terback-up sebelum melakukan cara ini.

Nah, itu tadi ulasan Sebab Dan Cara Atasi Laptop Restart Sendiri, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *