Apa Itu Viral Marketing?

Apa Itu Viral Marketing

Droid-romsApa Itu Viral Marketing? – Viral marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran yang sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, dengan berkembangnya teknologi, viral marketing kini memiliki bentuk yang lebih luas.

Banyak perusahaan menggunakan teknik pemasaran ini untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Pasalnya dengan adanya media sosial maka pengaruh viral marketing semakin meningkat.

Sebenarnya, apa itu viral marketing dan bagaimana Anda melakukannya?

Yuk, simak penjelasan Glints di bawah ini!

Pengertian Viral Marketing

Apa Itu Viral Marketing

Pernahkah Anda melihat pengikut Anda membagikan iklan perusahaan beberapa kali di media sosial? Juga, pernahkah Anda melihat video kartun Dumb Ways to Die yang menjadi viral di YouTube? Kartun tersebut adalah video layanan masyarakat yang diproduksi oleh Australian Metro Train Company.

Baca ini : Top Rich Apk Penghasil Uang

Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar berhati-hati saat mendekati rel kereta api. Nah, inilah yang disebut viral marketing. Mengutip dari Investopedia, viral marketing adalah upaya penyebaran informasi tentang suatu produk atau jasa dari mulut ke mulut melalui internet atau email.

Di masa lalu, viral marketing terbatas pada informasi yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Dengan kata lain, seseorang mengetahui informasi terkait suatu produk atau jasa karena diinformasikan oleh anggota keluarga, kolega, atau teman.

Namun, kini praktik viral marketing menjadi lebih mudah. Dengan bantuan media sosial, perusahaan dapat menarik perhatian banyak khalayak melalui penyebaran informasi yang cepat. Kata virus sendiri merujuk pada sesuatu yang menyebar dengan cepat dan luas ke khalayak.

Menurut Upviral, pemasaran viral tampaknya bekerja seperti virus. Karena virus harus terlebih dahulu menembus sel sebelum dapat menggandakan diri dan menginfeksi sel baru. Hal yang sama berlaku untuk pemasaran viral.

Teknik pemasaran ini harus mampu menarik perhatian seseorang sebelum akhirnya menyebar ke orang lain. Viral marketing adalah salah satu teknik pemasaran pilar banyak perusahaan saat ini. Jika konten pemasaran menyebar di dunia maya, produk atau layanan yang mereka berikan akan lebih populer.

Kelebihan Viral Marketing

  • Murah

Keuntungan pertama dari viral marketing adalah murah. Bayangkan jika Anda melakukan pemasaran di media massa atau baliho. Anda akan menghabiskan banyak uang untuk membayar atau menyewanya. Sementara itu, dengan viral marketing, Anda hanya perlu mengunggahnya ke media sosial. Biaya yang dibutuhkan biasanya jauh lebih murah dibandingkan jenis pemasaran lainnya.

  • Mudah Menjangkau Audiens

Perusahaan besar dan perusahaan kecil memiliki kesempatan yang sama untuk menjangkau khalayak luas. Produk atau layanan yang Anda berikan dapat dilihat oleh audiens dari lokasi dan level yang berbeda. Dengan kata lain, seperti kutipan klik Cyber, tidak ada batasan audiens yang akan melihat konten Anda.

  • Audiens Turut Berpartisipasi

Pernahkah Anda menonton film favorit Anda di TV, tetapi terpotong oleh iklan yang tidak Anda inginkan? Setiap iklan tampaknya merupakan perusahaan yang sama yang mempromosikan produk mereka. Nah, ini tidak akan terjadi dalam viral marketing. Salah satu keuntungan dari viral marketing adalah audiens dapat aktif membagikan konten Anda. Tanpa Anda minta, mereka akan membagikan apa yang mereka sukai dan secara tidak langsung berperan penting dalam memperluas pemasaran Anda.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Keuntungan terakhir dari viral marketing adalah meningkatkan brand awareness. Jika viral marketing dapat menyisipkan informasi tentang perusahaan dengan cara yang menarik bagi audiens, dikatakan berhasil. Kemudian, audiens akan membagikan apa yang mereka sukai dengan pengikut mereka. Secara tidak langsung, mereka akan mengetahui brand Anda.

Tips Melakukan Viral Marketing

  • Pahami Audiens

Teknik viral marketing yang pertama dan utama adalah memahami karakteristik audiens. Pahami apa yang dicari audiens Anda, format konten apa yang mereka sukai, dan kata kunci apa yang sering mereka gunakan. Pada tahap ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai alat analisis, seperti Google Analytics.

  • Manfaatkan Tren

Istilah viral erat kaitannya dengan tren. Jadi, pastikan setiap upaya viral marketing yang Anda lakukan bisa melihat tren yang sedang terjadi di media sosial. Misalnya, Anda melihat bahwa TikTok populer di kalangan audiens target Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membuat konten di platform video. Selain itu, Anda dapat menambahkan tagar untuk membuat konten Anda menjadi viral. Orang lain yang membagikan konten Anda akan menggunakan tagar yang sama, dan akan lebih mudah bagi orang lain untuk menemukan konten Anda.

  • Tingkatkan Emosi Audiens

Viral marketing tidak sepopuler itu. Kunci sukses viral marketing adalah membangkitkan emosi audiens. Buat konten dengan alur cerita yang menarik dan menyentuh. Konten Anda akan disukai oleh audiens dan memiliki kesempatan untuk dibagikan kembali oleh mereka.

  • Buat Konten Yang Mudah Dibagikan

Trik terakhir adalah membuat konten yang mudah dibagikan. Laporan dari Bigcommerce, buat konten singkat. Hindari membebani konten Anda dengan teks dalam jumlah besar. Sebaliknya, isi konten Anda dengan teks pendek dan menarik. Pastikan akun Anda juga tidak diprivate agar orang lain dapat membagikannya.

Baca juga : Aplikasi Cashzine Penghasil Uang

Singkatnya, viral marketing adalah teknik pemasaran yang melibatkan penyebaran informasi tentang produk atau layanan dengan kecepatan yang terus meningkat. Saat ini viral marketing menjadi andalan banyak perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya. Anda juga bisa menerapkannya pada bisnis Anda.

Demikianlah informasi yang Admin berikan semoga bermanfaat sekian dan terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.