Nonton Film Sang Penari Full Movie Sub English

Nonton Film Sang Penari Full Movie Sub English

Droid ROMsNonton Film Sang Penari Full Movie Sub English – Rong Geng merupakan seni tari yang sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Saat ini, Pertunjukan Rong Bertani hanya digunakan untuk hiburan dan melestarikan budaya.

Namun tahukah Anda bahwa kesenian ini cukup disakralkan pada zaman dahulu?

Anda bisa belajar banyak tentang seni, tradisi, budaya dan sejarah bangsa Indonesia melalui film adaptasi novel laris Sang Penari ini. Berikut ulasan dan ringkasannya!

Sinopsis Film Sang Penari

Nonton Film Sang Penari Full Movie Sub English

Sinopsis film sang penari menceritaka tentang pada tahun 1953, sebuah wabah membunuh banyak Dokupaluk, termasuk Sang Ronggen, karena memakan tempe buatan Santaib. Santayib pun meninggal, meninggalkan Srintil, putri yang diimpikannya menjadi Rong Geng sejak kecil.

Baca ini : Nonton Film Jakarta vs Everybody Full Movie Sub English

Pada tahun 1963, bahkan seorang Srintil dewasa diprediksi akan menjadi penerus Rong Geng Dukuh Paruk. Srintil memiliki teman masa kecil bernama Rasus. Selain dekat, Rasus dan Srintil juga saling menyayangi.

Namun, Srintil tetap bercita-cita menjadi Jung-kyung sebagai bentuk kesetiaannya kepada Dusun Paluk dan penebusan dosa orang tuanya. Kakeknya Sukarya juga membujuk duku ronggeng Dukuh Paruk, Kertareja, Srintil untuk dipilih menjadi ronggeng oleh leluhurnya.

Meski Srintil menunjukkan keterampilan menarinya, Kertareja tidak yakin. Melihat ambisi Slintil menjadi Ronggeng, Rasus membantunya dan memberinya pusaka keluarga milik mantan Ronggeng.

Kertareja juga percaya bahwa nenek moyang memilih Srintil sebagai Rong Geng. Dukuh Paruk akhirnya merayakan kembalinya Rong Geng ke desa mereka.

Tapi menjadi Jung Kyung lebih dari sekedar menari di depan orang. Srinthier juga harus menyerahkan dirinya sebagai “milik bersama”. Pada malam yang dikenal sebagai “Membuka Jala”, Srinthier harus menyerahkan keperawanannya demi penawar tertinggi. Setelah itu, dia harus melayani orang-orang desa.

Pemeran Film Sang Penari

Berikut ini adalah daftar pemeran dari film sang penari:

  • Prisia Nasution sebagai Srintil, penari ronggeng Dukuh Paruk.
  • Oka Antara sebagai Rasus, teman baik sejak kecil sekaligus kekasih Srintil.
  • Slamet Rahardjo sebagai Kertareja, dukun ronggeng Dukuh Paruk.
  • Dewi Irawan sebagai Nyai Kartareja, istri Kartareja dan juga dukun ronggeng Dukuh Paruk.
  • Landung Simatupang sebagai Sakarya, kakek Srintil.
  • Hendro Djarot sebagai Sakum, penabuh kendhang yang buta, anggota grup kesenian ronggeng Dukuh Paruk.
  • Lukman Sardi sebagai Bakar, anggota partai komunis yang kembali ke Dukuh Paruk.
  • Tio Pakusadewo sebagai Sersan Binsar, atasan Rasus di markas batalyon TNI tak jauh dari Dukuh Paruk.
  • Teuku Rifnu Wikana sebagai Darsun, teman Rasus dan Srintil sejak kecil.

Review Film Sang Penari

Review film sang penari kisah Rasus dan Srintil dalam film Sang Penari mungkin hanya fiktif belaka. Namun, dengan menggabungkan fiksi dengan budaya, tradisi dan sejarah, jalan cerita film ini dikemas dengan baik. Dari film berdurasi 119 menit ini, kita bisa belajar tentang banyak tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, khususnya tradisi kesenian Ronggong.

Dari adegan-adegan film ini, kita bisa melihat bagaimana kesenian Ronggeng pada masa itu menjadi sakral. Begitu pula dengan tradisi dan budaya lain yang dianut oleh orang Jawa saat itu, termasuk mata pencaharian, ritual keagamaan, pakaian dan unsur budaya lainnya.

Film ini juga menyuguhkan cerita sejarah dalam alur cerita, sejarah kelam Indonesia tahun 1965, ketika terjadi gejolak politik di Partai Komunis Indonesia atau PKI. Kesuksesan film Sang Penari juga tercermin dari sederet prestasi dan penghargaan yang diraih film tersebut.

Pada Festival Film Indonesia 2011, film tersebut memenangkan kategori utama untuk Film Terbaik. Selain itu, “Dancer” juga meraih penghargaan Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik dan penghargaan lainnya.

Film ini juga menerima lima nominasi lainnya untuk Skenario Terbaik, Sinematografi Terbaik, Sutradara Seni Terbaik, Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik. Pada 2012, The Dancer dinominasikan untuk Oscar dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Baca juga : Nonton Film Baby Blues Full Movie Sub English

Demikianlah ulasan dan sinopsis film Sang Penari yang akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam tentang tradisi Rong Gung dari berbagai peristiwa sejarah di Indonesia. Apakah Anda menonton film? Apa yang Anda pelajari setelah menonton kisah Rasus dan Srintil dalam film Sang Penari? Bagikan tanggapan Anda di kotak komentar Ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.