10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Droid ROMs10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022 – Jawa Tengah adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Jawa. Ada banyak wisata Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

Terutama Candi Borobudur yang terletak di provinsi tersebut. Jawa Tengah juga merupakan pusat budaya, sehingga banyak terdapat tempat wisata yang menarik. Nah, jika Anda berada di provinsi ini, apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi?

Destinasi Wisata Jawa Tengah

1. Candi Borobudur

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Tentunya jika Anda sedang berada di Jawa Tengah maka mengunjungi Candi Borobudur menjadi pilihan yang harus Anda pilih. Candi Borobudur adalah tujuan wisata paling populer di Magelang, Jawa Tengah.

Baca ini : 5 Tempat Wisata di Indonesia yang Populer dan Mendunia

Candi Borobudur adalah candi Budha tertua yang ada sejak abad ke-8. Kuil tertua di dunia adalah situs warisan UNESCO. Orang-orang kebanyakan datang ke sini untuk melihat candi atau menyaksikan matahari terbenam.

Ada 1460 papan cerita dan 1212 papan hias di sekitar Candi Borobudur, disusun dalam 11 baris. Biaya masuk bagi pengunjung Candi Borobudur adalah Rp 337.000.

Sedangkan untuk warga sekitar, tiket masuknya hanya Rp 10.000. Namun, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menaikkan masalah tiket ke kuil.

2. Candi Prambanan

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, dibangun pada abad ke-9. Prambanan juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi ini hampir berada di perbatasan provinsi Krateng dan Yogyakarta.

Candi Prambanan didedikasikan untuk tiga dewa utama (Brahma, Wisnu dan Maheswara/Siwa). Ada 3 candi besar dan 4 candi kecil di kompleks.

Bangunan utama Candi Prambanan sendiri berukuran hampir 47 meter. Empat candi lainnya adalah Candi Garuda, Candi Nandi, Candi Aung Sa dan Candi Apit.

3. Candi Plaosan

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Plaosan adalah salah satu candi Budha terbaik setelah Borobudur di Jawa Tengah. Pura ini juga dibangun pada abad ke-9 dan dikelilingi oleh persawahan yang hijau dan asri. Ada dua candi di situs yang sama.

Ada patung Buddha di kuil. Selain mengamati candi Plaosan, Anda juga dapat melakukan beberapa wisata dan aktivitas menarik lainnya di area sekitar, seperti menunggu matahari terbenam atau hanya berjalan-jalan dan menikmati suasana candi.

4. Wisata Air Panas Taman Guci

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Pemandian Air Panas Guci terletak di Tegal, Jawa Tengah. Jika Anda memang ingin datang ke Taman Guci, setidaknya Anda harus berjalan kaki sejauh 40 km dari pusat kota Tegal. Wisata spa ini bersumber langsung dari Gunung Slamet.

Bagi yang pernah berendam di pemandian air panas Tamanguts, dipercaya air di wisata ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain pemandian, ada beberapa fasilitas wisata yang bisa dinikmati mengingat luas kawasan wisata ini mencapai 210 hektar. Ya, Anda bisa mengikuti tur hutan, berkemah di perkemahan, bermain sepak bola atau tenis di lapangan yang disediakan.

5. Karimunjawa

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Karimunjawa terletak di Kota Jepara, sebelah utara Kota Semarang. Di kepulauan Karimunjawa, ada kurang lebih 27 pulau yang bisa dijelajahi wisatawan.

Sebagai acuan, dari 27 pulau tersebut, hanya 5 yang berpenghuni, selebihnya diisi resort untuk pariwisata, dan ada pula yang tidak berpenghuni.

Setiap pantai di Karimunjawa masih sangat indah. Di sini Anda bisa berenang, snorkeling atau bersantai.

6. Pantai Marina

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Pantai Marina adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Tengah karena hanya beberapa ratus meter dari Bandara Internasional Semarang (yaitu Bandara Ahmad Yani).

Pantai Marina juga merupakan pantai yang dekat dengan pusat kota Semarang dan terhubung langsung dengan laut.

Di pantai tepi pantai ini, Anda dapat bermain perahu, memancing, mainan balap, berenang, berjalan-jalan di kebun buah naga atau mengunjungi peternakan rusa untuk memberi makan.

7. Puri Maerokoco

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Puri Maerokoco adalah salah satu taman paling populer di Jawa Tengah karena keunikan wisatanya. Versi mininya berlokasi di Semarang. Bekas Maerokoco adalah bangunan seperti kastil.

Namun berkat renovasi, Puri Maerokoco berubah menjadi wisata budaya dan pendidikan. Tak heran banyak orang tua yang mengajak anaknya mengunjungi Puri Maerokoco.

Selama tur ini, Anda bisa melihat banyak rumah adat yang menarik di seluruh Jawa Tengah. Tidak hanya rumah-rumah tradisional yang bisa Anda lihat di sini, tetapi jika Anda ingin berwisata kuliner, ada juga pasar terapung.

Anda juga bisa memancing di Puri Maerokoco atau melakukan perjalanan perahu di sekitar danau. Ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan selama berada di Puri Maerokoco.

8. Pantai Kartini

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Perjalanan ke Jawa Tengah selanjutnya adalah Pantai Kartini. Pantai ini merupakan tempat wisata yang terletak di Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang luasnya lebih dari 3 hektar ini menjadi tempat transit bagi yang ingin ke Pulau Karimunjawa.

Pantai Kartini juga terkenal dengan ikon penyu besar yang isinya museum. Berenang di pantai ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit karena air di sini asin.

Tidak hanya berenang, ada banyak aktivitas yang bisa dipilih di Pantai Kartini. Anda bisa pergi ke museum, bermain di taman bermain atau menyewa perahu.

9. Masjid Agung Jawa Tengah

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Wisata Jawa Tengah tidak hanya mencakup wisata alam. Ada juga Masjid Agung Jawa Tengah di kota Semarang yang memiliki bangunan megah dan indah.

Masjid megah ini sudah ada sejak tahun 2001 dan merupakan tempat ibadah yang sangat megah bagi umat Islam Jawa Tengah.

Masjid ini memadukan arsitektur Islam, Jawa, dan Romawi, sehingga tidak heran jika arsitekturnya begitu megah. Di sini Anda tidak hanya bisa berfoto atau jalan-jalan di sekitar masjid, ada juga menara yang menarik.

10. Lawang Sewu

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022

Wisata Jawa Tengah ini tentunya sangat terkenal dan sangat populer. Saking populernya, jika ditanya tentang tempat wisata di Jawa Tengah, mereka rata-rata akan merekomendasikan Lawang Sewu.

Lawang Sewu merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Lawang Sewu sebenarnya adalah sebuah situs konstruksi yang pada awalnya digunakan sebagai perusahaan kereta api atau trem Belanda.

Lawang Sewu menjadi markas Perusahaan Kereta Api Belanda pada zaman dahulu. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 ini memang memiliki banyak gerbang, sehingga disebut Lawang Sewu atau Gerbang Seribu.

Dengan lebih dari 1.200 pintu dan 429 bukaan pintu, objek wisata ini semakin menarik, dan banyak pengantin baru yang akan menikah memilih wisata ini sebagai tempat foto prewedding mereka.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Indonesia Viral di TikTok

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Terbaik dan Terbaru 2022. Semoga informasi di atas bermanfaat sekian dan terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.